PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF "SCRABBLE BERBARCODE" PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anisa Octaviani UNESA
  • Suprayitno -

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari media interaktif scrabble berbarcode. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan antara lain yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Kevalidan media interaktif scrabble berbarcode memperoleh persentase sebesar 96,15% dari ahli media dan 94,23% dari ahli materi dengan kategori valid. Keefektifan media interaktif scrabble berbarcode dibuktikan melalui hasil N-Gain yang memperoleh skor sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Media interaktif scrabble berbarcode praktis digunakan untuk pembelajaran IPS materi persebaran flora dan fauna di Indonesia kelas V sekolah dasar berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa. Hasil kepraktisan media interaktif scrabble berbarcode memperoleh persentase sebesar 97,50 % dari respon guru dan 95,88% dari respon siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Media pembelajaran, Scrabble berbarcode.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 121 , PDF Downloads: 111