PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCROSS (FLASHCARD CROSSWORD PUZZLE) PADA PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INGGRIS KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media flashcross (flashcard crossword puzzle) pada keterampilan menulis Bahasa Inggris di kelas II Sekolah Dasar. Model dari penelitian ini adalah ADDIE yang di dalamnya terdapat lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yakni pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan dosen pembimbing, validator ahli materi dan media, serta dosen penguji. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari rekapitulasi hasil validasi materi, media, serta lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan skor validitas media yakni 87,27% dan skor validitas materi diperoleh hasil 94,54%. Sedangkan untuk kepraktisan media didapat dari skor respon siswa yang memperoleh skor sebesar 92,5%. Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa media flashcross (flashcard crossword puzzle) sangat layak dan praktis untuk diaplikasikan pada keterampilan menulis Bahasa Inggris di kelas II Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Media pembelajaran, flashcard, crossword puzzle, keterampilan menulis
Downloads

