ANALISIS KONSEP MATEMATIKA PADA LAGU DOLANAN JAWA SEBAGAI IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Lagu dolanan Jawa memiliki wujud dan irama yang sesuai dengan perkembangan musikalitas anak yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis konsep matematika pada lagu dolanan Jawa dan strategi pembelajaran etnomatematika yang mengintegrasikan matematika dengan lagu dolanan Jawa. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dan wawancara. Penelitian ini akan menganalisis tiga lagu dolanan Jawa yakni Tokecang, Cublak-Cublak Suweng, dan Lindri. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada lagu dolanan Jawa diantaranya pola dan barisan bilangan pecahan, mengurutkan dan membandingkan pecahan, perkalian bilangan pecahan, pengolahan data berupa modus, dan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram garis. Menurut pandangan guru, hasil penemuan konsep matematika dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Strategi pembelajaran disesuaikan dengan kompetensi dasar dan capaian pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Kata Kunci: analisis, etnomatematika, lagu dolanan Jawa, media pembelajaran.
Downloads

