Pengembangan Media Fun Thinkers Book Untuk Keterampilan Menulis Permulaan Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan pada media Fun Thinkers Book untuk keterampilan menulis permulaan kata benda terkait profesi pada peserta didik di kelas I sekolah dasar. Subjek penelitian ini terbagi menjadi 2 subjek skala kecil dilakukan di SDN Sudimoro dengan subjek 10 peserta didik dan subjek skala besar dilakukan di SDN Kedondong II dengan subjek 23 peserta didik kelas I sekolah dasar di kecamatan Tulangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi oleh ahli materi dan media lembar tes berupa pretest dan posttest serta lembar angket. Penelitian ini mendapatkan hasil kevalidan 88,57% dari ahli materi dan 86,66% dari ahli media dengan kategori sangat valid. Hasil keefektifan pada skala kecil untuk uji rerata mendapatkan skor 91% dan uji N-Gain 0,7 sedangkan pada skala besar untuk uji rerata mendapatkan skor 90% dan uji N-Gain mendapatkan skor sebesar 0,7 dengan kategori sangat efektif dan hasil kelayakan dari pendidik sebesar 96,3% dan dari peserta didik sebesar 91,3% sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media Fun Thinkers Book untuk keterampilan menulis permulaan pada peserta didik kelas I sekolah dasar dinyatakan valid, efektif dan praktis.
Kata Kunci: pengembangan, media Fun Thinkers Book, keterampilan menulis permulaan.
Downloads

