PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KALIMAT TRANSITIF DAN INTRANSITIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Ular Tangga yang valid, efektif dan praktis pada materi kalimat transitif dan intransitif pada pembelajaran bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Ngadirejo dengan subjek uji coba sebanyak 15 peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Model ini meliputi 5 tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar validasi, angket respon peserta didik dan pendidik, serta lembar pretest dan posttest. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media berdasarkan validasi materi sebesar 98% dengan kategori sangat valid dan validasi media sebesar 84% dengan kategori sangat valid. Keefektifan media berdasarkan hasil angket respon peserta didik sebesar 91,25% dengan kategori sangat efektif dan angket respon pendidik sebesar 87,5% dengan kategori sangat efektif. Selain itu juga terjadi peningkatan sedang pada hasil uji coba dengan nilai N-Gain sebesar 0,63. Kepraktisan media berdasarkan hasil angket respon peserta didik sebesar 89,17% dengan kategori sangat praktis dan angket respon pendidik sebesar 90,6% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media Ular Tangga untuk kalimat transitif dan intransitif pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid, efektif, dan praktis.
Kata Kunci: Media, Ular Tangga, Kalimat Transitif dan Intransitif.
Downloads

