Pengembangan Media Papan Paragan Materi Perangane Awak untuk Pembelajaran Paramasastra Bahasa Jawa pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas II sekolah dasar materi perangane awak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE yang terdapat enam tahapan, yaitu Analyze Learners Characteristics (Analisis Karakteristik Peserta Didik), State Standards and Objectives (Menentukan Standar dan Tujuan/Capaian), State Strategies, Technology, Media, and Materials (Memilih Strategi, Teknologi, Media, dan Materi), Utilize Methods, Media, and Matherials (Menggunakan Metode, Media, dan Bahan Ajar), Require Learner Participation (Mengembangkan Partisipasi Peserta Didik), serta Evaluate and Revise (Evaluasi dan Revisi). Media Papan Paragan dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Adapun hasil validasi media diperoleh 100% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli materi sebesar 97,91% dengan kategori sangat valid. Media Papan Paragan dikatakan memenuhi kriteria kepraktisan dengan memperoleh persenatse sebesar 87,62% dan 95% dengan kategori sangat praktis. Media Papan Paragan memenuhi kriteria keefektifan media dengan perolehan persenatse sebesar 87,15%. Selain itu, nilai n-gain yang didapat adalah sebesar 0,76 dan dapat dikategorikan dalam tingkat sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa media Papan Paragan materi perangane awak untuk pembelajaran Paramasastra bahasa Jawa pada peserta didik kelas II sekolah dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Downloads

