Efektifitas Media V-MAU Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Kelas III SD

Authors

  • Aldi Raka Diwa Lanang Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan media "V-MAU" berbasis Realistic
Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas III SD. Dengan
latar belakang pentingnya pemahaman konsep matematika pada tingkat dasar, penelitian ini dilakukan
untuk memberikan kontribusi dalam menjawab pertanyaan mengenai sejauh mana media "V-MAU" dapat
meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas III SD dan apakah pendekatan ini efektif dalam
konteks pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain
pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III SD yang dibagi menjadi
kelompok eksperimen yang menggunakan media "V-MAU" berbasis RME dan kelompok kontrol yang
menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep
perkalian sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam
pemahaman konsep perkalian. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil perhitungan uji t berpasangan
menggunakan SPSS Statistics 25. Uji hipotesis menghasilkan nilai berdasarkan perhitungan yang telah
dilakukan. Hasil signifikan (2-tailed) pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan 0,000, atau 0,00
< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari sini dapat disimpulkan bahwa
pemahaman ide perkalian siswa kelas III SD dipengaruhi oleh penggunaan media V-MAU berbasis RME.
Selain itu, nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,7285 atau secara persentase sebesar 72,85%.
Dibandingkan dengan kelompok kontrol, rata-rata nilai N-Gain adalah 0,4695 dengan persentase 46,95%.
Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SD dapat memahami konsep perkalian secara efektif melalui
penggunaan media V-MAU berbasis RME.
Kata Kunci: Efektifitas, Media V-MAU, Pemahaman Konsep Perkalian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-21

Issue

Section

Articles
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 25