PENGEMBANGAN MEDIA BIFLA PANCASILA UNTUK MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alvina Berliani Gunansya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan di SDN Sidodadi I/153 Surabaya. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya maksimal dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran yang dinamakan BIFLA (Bigbook dan Flashcard Pancasila). Tujuan penelitian ini ialah guna mendeskripsikan dalam proses pengembangan, menguji kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan media BILFA (Bigbook dan Flashcard Pancasila). Penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE. Hasil pengembangan media BIFLA diuji kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan. Berdasarkan hasil lembar validasi materi dan media menunjukkan bahwa dapat dianggap valid. Kepraktisan berdasarkan hasil dari respon peserta didik dan guru menunjukkan bawa media tersebut sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran dikarenakan membantu peserta didik ketika memahami materi dengan lebih mudah. Keefektifan berdasarkan hasil dari pretest dan postest yang mendapatkan persentase 80% dengan kategori “Sangat Efektif”. Dengan demikian, media BIFLA (Bigbook dan Flashcard Pancasila) dinyatakan valid, praktis, juga efektif hingga layak digunakan dalam pembelajaran materi Pancasila sebagai nilai kehidupan di sekolah dasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, BIFLA (Bigbook dan Flashcard Pancasila), Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan.

This development research was conducted to overcome the problems found at SDN Sidodadi I/153 Surabaya. The problem faced is the lack of maximum use of learning media. This research will develop learning media called BIFLA (Bigbook and Flashcard Pancasila). The purpose of this study is to describe the development process, test the validity, practicality, and effectiveness of BILFA (Bigbook and Flashcard Pancasila) media. This development research uses the ADDIE method. The results of BIFLA media development were tested for validity, practicality, and effectiveness. Based on the results of the material and media validation sheet, it shows that it can be considered valid. Practicality based on the results of the responses of students and teachers shows that the media is very suitable for use in learning because it helps students when understanding the material more easily. Effectiveness based on the results of the pretest and postest which get a percentage of 80% with the category “Very Effective”. Thus, BIFLA (Bigbook and Flashcard Pancasila) media is declared valid, practical, as well as effective until it is feasible to use in learning Pancasila material as a life value in elementary school.

Keywords: Learning Media, BIFLA (Bigbook and Flashcard Pancasila), Pancasila as the Value of Life.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-29

Issue

Section

Articles
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 23