PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “CULTULEARN” BERBASIS APLIKASI PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ardila Ardila Ima Ayuningtias Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada era sekarang ini, perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Perkembangan teknologi dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Segala aspek kehidupan manusia memanfaatkan kecanggihan teknologi modern. Hal tersebut juga dirasakan pada aspek pendidikan. Teknologi memberikan manfaat bagi pendidikan. Teknologi membantu pendidikan untuk menyediakan sarana dalam upaya memberikan informasi berkaitan dengan materi yang diajarakan. Pendidik tidak hanya dituntut untuk memberikan ilmu pengetahuan saja tetapi pendidik harus dapat menyesuaikan proses pembelajaran dengan penerapan teknologi yang sedang berkembang. Penerapan teknologi dalam pendidikan berfungsi untuk menyiapkan peserta didik untuk melek perkembangan kehidupan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penelitian ini digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran baru berbasis aplikasi dengan tujuan untuk memberikan solusi pada tenaga pendidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation).

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wage 1, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Subjek penelitian yaitu kelas V Sekolah Dasar dengan tahapan implementasi uji coba terbatas pada proses pengambilan data. Materi yang disajikan adalah keberagaman budaya. Hasil dari penelitian adalah: (1) proses pengembangan media pembelajaran “cultulearn” berbasis aplikasi pada materi keberagaman budaya secara sistematis dan terstruktur sesuai dengan tahapam model penelitian pengembangan; (2) media pembelajaran “cultulearn” berbasis aplikas dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase validasi materi sebesar 98,3% dan tingkat persentase validasi media sebesar 91,25%; (3) media pembelajaran “cultulearn” dinyatakan sangat efektif dengan nilai persentase ketuntasan belajar peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 92,85%

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-03

Issue

Section

Articles
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 58