PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA GOTONG ROYONG (DIGO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Melisa Nor Hikam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 Pada era globalisasi saat ini, nilai karakter pada siswa terus mengalami degradasi yang menjadikan hal tersebut berpengaruh kepada pendidikan. Salah satunya yakni karakter gotong royong seperti sikap saling berbagi, sikap tolong menolong, dan berkolaborasi yang mana mulai mengalami dekadensi, sehingga diperlukan suatu hal agar siswa lebih memahami materi gotong royong mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Salah satu upayanya adalah implementasi dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini mengembangkan media diorama gotong royong (DIGO) yang bertujuan untuk (1) Menghasilkan media Digo, (2) Menghasilkan kevalidan media digo untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV sekolah dasar, (3) Menghasilkan keefektifan media digo untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV sekolah dasar, (4) Menghasilkan kepraktisan media digo untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sawo I Kutorejo Mojokerto. Berdasarkan penelitian tersebut hasil dari uji coba validasi media dengan presentase 92% dengan kategori sangat valid, dan uji validasi materi presentase 86% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan sebesar 94% diperoleh dari angket peserta didik dan 86% dari hasil angket pendidik dengan keefektifan memperoleh nilai n-gain sebesar 0,73 dengan kategori peningkatan tinggi.

Kata Kunci: pengembangan, media digo, hasil belajar, pendidikan pancasila.

  

Abstract

In the current era of globalization, student character values continue to deteriorate, wich has an impact on education. On of them is the character of mutual cooperation, such as the attitude of sharing, helping, and collaborating, which the beginning to go through decandence. It is necessary to understanding the material of mutual cooperation in study of Pancasila education. On attempt is to implement a learning activity. This study develop Gotong Royong media (DIGO), which aims to (1) produce DIGO media, (2) generate a validation of the digo for the improve learning Pancasila education fourth-grade elementary school students, (3) generate the effectiveness of the digo for the improve learning Pancasila education fourth-grade elementary school students, (4) generate digo media practicality  for the improve learning Pancasila education fourth-grade elementary school students. This type of research uses research and development (R&D) with the ADDIE model, wich consists of five stages: analyze, design, development, implementation, and evaluation. The test subject in this study was a fourth-grade student at SDN Sawo I Kutorejo Mojokerto. Based on this study, media validation tests resulted in a presentations of 92% with a higly valid category and material validation test of 86% with a very valid category. 94% of practicalitu was obtained form the evelation of students, and 86% of educators with effectibeness achieved an n-Gain score of 0.73 in the high elevation category.

Keywords: development, digo media, learning outvomes, Pancasila education.  

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 79 , PDF Downloads: 126