PENGEMBANGAN MEDIA POSTER KOMIK MATERI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Audry Agnesia Aldama Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam proses pembelajaran, Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami. Selain itu, siswa SDN Lakarsantri III/474 sering kali merasa bosan dikarenakan hanya terpaku pada penjelasan guru dan teks di buku sehingga menyebabkan kurangnya responsif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor penyebab pembelajaran kurang efektif adalah kurangnya inovasi guru dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media poster komik yang efektif dalam pembelajaran Pancasila di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lakarsantri III/474 Surabaya yang berjumlah 14 siswa.

Hasil uji validasi materi memperoleh hasil 89,23% dan uji validasi media memperoleh hasil 90,90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media poster komik efektif dipakai sebagai alternatif media pembelajaran siswa berdasarkan hasil analisis N-Gain yang menunjukkan perolehan nilai 0,81 dengan kategori tinggi dalam pencapaian hasil belajar siswa. Media poster komik sangat praktis digunakan untuk media pembelajaran materi hak dan kewajiban di sekolah dari hasil angket respon siswa yang memperoleh hasil 94,57% dan hasil wawancara guru yang menyimpulkan bahwa media poster komik sangat cocok diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban di sekolah.

 

Kata Kunci : media, poster komik, materi hak dan kewajiban.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-27
Abstract views: 49 , PDF Downloads: 95