Pengembangan Media Fidi Kreasi (Flipbook Digital Kerajaan di Indonesia) dalam pembelajaran IPS kelas 4 SDN Pilang 2
Abstract
Penelitian pengembangan media fidi kreasi dilatar belakangi oleh keterbatasan penggunaan media yang berbasis digital dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menjadi alasan perlunya dilaksanakan penelitian pengembangan media flipbook digital dalam pembelaaran pada peserta didik kelas 4 SDN Pilang 2. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flipbook digital yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SDN Pilang 2 yang berumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa lembar validasi materi dan media, lembar angket respon guru dan peserta didik, lembar pretest dan postest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Hasil yang diperoleh dari segi kevalidan berdasarkan validasi materi dan media mendapatkan presentase rata-rata sebesar 90% sehingga dapat dikategorikan sangat valid. Hasil kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik mendapatkan presentase rata-rata sebesar 84,85% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis. Kepraktisan juga dapat diliat dari nilai rata-rata tes siswa yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82 dan dikategorikan sangat baik sehingga media fidi kreasi sangat parktis. Hasil keefektian dihitung dengan uji n-gain dari hasil prestes dan postest dan mendapat skor n-gain sebesar 0,679 dan diubah menjadi bentuk persen menadi 67,9% sehingga dapat dikategorikan cukup efektif.
Kata kunci: media pembelajaran, flipbook, pengembangan
Downloads

