PENGEMBANGAN MEDIA QR CARD GAME MERAH PUTIH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • RATNA FATMA DEWI RATNA DEWI PGSD, FIP, UNESA

Abstract

Saat ini teknologi semakin maju dan berkembang. Kemajuan teknologi di bidang pendidikan akan mendorong berkembangnya pengalaman belajar yang lebih interaktif dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik, salah satunya melalui integrasi dengan media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran dapat berupa game edukasi untuk menyampaikan informasi materi pembelajaran yang menarik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall diadaptasi oleh Sugiyono. Karena menguji produk, maka hanya 8 tahapan diperlukan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, uji coba pemakaian untuk mengatahui kepraktisan, keefektifan, dan kevalidan produk yang dikembangkan. Penelitian bertujuan menghasilkan media pembelajaran QR card game merah putih pada pembelajaran PPKn materi proklamasi kemerdekaan RI kelas V sekolah dasar. Hasil validasi media menunjukkan nilai 85,6%, yang sesuai dengan kriteria ‘‘sangat layak‘‘ untuk dapat dikembangkan. Hasil vaidasi materi menunjukkan presentase nilai 86,7%, yang sesuai dengan kriteria ‘‘sangat layak‘‘ untuk dapat dikembangkan. Uji coba 6 peserta didik menghasilkan angket menunjukkan jumlah total skor 52,7. Presentase rata-rata sebesar 94,04% menunjukkan media sangat praktis dan tidak memerlukan revisi. Uji coba 21 peserta didik menghasilkan angket menunjukkan jumlah total skor 56,42 dan presentase rata-rata sebesar 87,8% menunjukkan media sangat praktis. Berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Peserta didik yang mendapat nilai ≥75 atau tuntas sejumlah 21 peserta didik dari 21 peserta didik. Kemudian peningkatan pemahan peserta didik diketahui dengan menghitung skor N-Gain dengan hasil 0,73 dengan kriteria tinggi. Dengan Skor dinyatakan bahwa media efektiif digunakan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-27
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 56