PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS KOTAK PINTAR BANGUN RUANG (KOPI BARU) BERBANTUAN METODE MNEMONIC MATERI BANGUN RUANG SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian Media Infografis Kotak Pintar Bangun Ruang (KOPI BARU) berbantuan metode mnemonic termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau R&D dengan model penelitian pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implementation, evaluation). Pembelajaran media KOPI BARU dengan bantuan metode mnemonic diujikan dalam skala besar pada kelas V sekolah dasar yang berjumlah 22 peserta didik. Penggunaan metode mnemonic digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi bangun ruang terkhusus tabung dan prisma segitiga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Teknik pengumpulan data berasal dari skor validasi dosen ahli, skor tes pretest posttest, dan hasil angket yang terdiri dari peserta didik dan guru. Kevalidan media infografis KOPI BARU dengan bantuan metode mnemonic dinyatakan valid dengan hasil validasi ahli materi 88% , hasil validasi oleh ahli media sebesar 90,66% , dan hasil validasi pretest posttest sebesar 85,45%, ketiganya dengan kategori “Sangat Valid”. Keefektifan media KOPI BARU dengan bantuan metode mnemonic dinyatakan efektif dengan hasil pre dan post test peserta didik menggunakan Uji N-Gain memperoleh skor 0,56 dan kategori menunjukkan peningkatan “Sedang”. Kepraktisan media infografis KOPI BARU dengan bantuan metode mnemonic dinyatakan praktis dengan hasil angket yang diperoleh dari peserta didik menunjukkan 95,9% dan hasil angket respon yang diperoleh dari guru menunjukkan 100%, keduanya dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan, pengembangan KOPI BARU berbantuan metode mnemonic menunjukkan kelayakan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika materi bangun ruang tabung dan prisma segitiga di sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 106
,
PDF Downloads: 108

