PENGEMBANGAN MEDIA “KOPITAN” UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI GOTONG ROYONG ELEMEN KEPEDULIAN SISWA SD

Authors

  • istiqomah Nur Aini Al Hidayah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media KOPITAN (Kotak Pintar Persahabatan) dalam pembelajaran nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa. Media ini dirancang sebagai alat pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan karakter yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD atau Penelitian dan Pengembangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media KOPITAN memiliki tingkat validitas yang tinggi, dengan persentase 72,72% dari ahli materi dan 91,66% dari ahli media. Hasil kepraktisan menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan presentase 100% dari responden siswa dan guru, menandakan bahwa media ini mudah digunakan dan menarik. Hasil keefektifan media dilakukan melalui pretest dan posttest yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,68, mengindikasikan kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media KOPITAN adalah alat yang efektif dan praktis dalam mendukung pembelajaran nilai-nilai Pancasila, yang dapat berkontribusi dalam pembentukan karakter siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk melakukan pengembangan lebih lanjut, termasuk pelatihan untuk guru dan penyediaan versi digital dari media KOPITAN, untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran di masa mendatang.

Kata Kunci: KOPITAN, Media Pembelajaran, Pembentukan Karakter, Pendidikan.

  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 27