PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LUDO BERBASIS GENIALLY PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI NEGARA-NEGARA ASEAN KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Teknologi di era digital berperan penting dalam pendidikan, melalui media pembelajaran digital dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Pemilihan media pembelajaran yang interaktif seperti permainan ludo berbasis Genially mendorong pembelajaran aktif, mandiri, dan eksploratif serta meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi siswa lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Kevalidan 2) Kepraktisan dan 3) Keefektifan suatu media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dirancang oleh Dick and Carrey yang terdiri dari lima langkah, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian Media Permainan Ludo berbasis Genially pada pembelajaran IPS materi Negara-negara ASEAN untuk kelas VI SD dinyatakan sangat valid, efektif, dan praktis. presentase 98% oleh ahli media dan 100% oleh ahli materi. Keefektifan ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman siswa sebesar 81% dan N-Gain sebesar 0,6 dengan kriteria sedang. Kepraktisan media juga sangat tinggi dengan penilaian peserta didik 91,61% dan penilaian guru 96%. Dapat disimpulkan bahwa Media Permainan Ludo Berbasis Genially pada Pembelajaran IPS Materi Negara-Negara Asean Kelas VI Sekolah Dasar dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik.
Kata Kunci: Media pembelajaran digital, Permainan Ludo berbasis Genially, Peningkatan Pemahaman, Negara-negara Asean.
Abstract
Technology in the digital era plays an important role in education, through digital learning media can increase student engagement. The selection of interactive learning media such as Genially-based ludo games encourages active, independent, and exploratory learning and increases students' understanding and mastery of material more effectively. The purpose of this study was to determine 1) Validity 2) Practicality and 3) Effectiveness of a learning media. This research uses the ADDIE model designed by Dick and Carrey which consists of five steps, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of the Genially-based Ludo Game Media research on social studies learning material on ASEAN Countries for grade VI SD were declared very valid, effective, and practical. 98% percentage by media experts and 100% by material experts. Effectiveness is indicated by an increase in student understanding of 81% and N-Gain of 0.6 with moderate criteria. The practicality of the media is also very high with 91.61% student assessment and 96% teacher assessment. It can be concluded that the Genially Based Ludo Game Media in Social Studies Learning Material of Asean Countries in Grade VI Elementary School can increase students' understanding and interest in learning.
Keywords: Digital Learning Media, Genially-based Ludo Game, Increased Understanding, ASEAN Countries.
Downloads

