Pengembangan Media Solarium Berbasis Augmented Reality Pada Materi Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, khususnya berbasis teknologi, yang mampu menarik minat sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Solarium berbasis augmented reality pada materi tata surya untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi delapan tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memiliki tingkat validitas sebesar 85% dengan kategori sangat valid, sedangkan validitas materi mencapai 92% yang juga termasuk kategori sangat valid. Persentase kepraktisan media, berdasarkan angket siswa dan guru serta lembar observasi sejawat, masing-masing mencapai 86%, 96%, dan 93%. Keefektifan media, diukur melalui analisis N-Gain dari hasil pretest dan posttest, menghasilkan nilai 0,50 yang masuk kategori sedang. Dengan demikian, media pembelajaran Solarium berbasis augmented reality dinyatakan layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi tata surya di kelas VI sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 103
,
PDF Downloads: 109

