PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Indonesia

Authors

  • WANDA EKA KENCANA ADELLIA SALSA SABILA STATE UNIVERSITY OF SURABAYA

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis teks deskripsi. Sumber belajar menggunakan buku penunjang dari sekolah yang kurang menarik peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media tiga dimensi berbantuan Augmented Reality untuk keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi media dan materi, angket respon guru dan peserta didik, pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Payaman, Nganjuk dengan subjek penelitian, yaitu peserta didik kelas IV berjumlah 20 orang dan 1 guru kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran tiga dimensi berbantuan Augmented Reality memperoleh persentase kevalidan sebesar 100% dari ahli media, kevalidan sebesar 94%, kepraktisan sebesar 97%, dan keefektifan sebesar 46% dengan kategori sedang. Hasil tersebut dapat digunakan untuk bahan belajar peserta didik materi menulis deskirpsi yang didukung atas respon guru. Media pembelajaran berbantuan Augmented Reality dapat memudahkan peserta didik dalam memahami konsep dari menulis teks deskripsi. Dengan demikian, media yang dikembangkan termasuk valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 133 , PDF Downloads: 121