PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA CERDAS MEMBACA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang lancar dalam mengeja kata dan keterbatasan penggunaan media
pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca permulaan. Tujuan penelitian ini untuk
mengembangkan media pembelajaran "Ular Tangga Cerdas Membaca" guna meningkatkan keterampilan
membaca permulaan siswa kelas 1 SD menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan
model ADDIE, penelitian ini melibatkan lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan
evaluasi. Media yang dikembangkan adalah permainan ular tangga yang menyatukan unsur edukasi dan
hiburan, dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran membaca. Hasil uji
validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan skor validasi media sebesar 92,7%,
validasi materi 92,3%, dan validasi tes 92,5%. Kepraktisan diperoleh melalui hasil angket peserta didik
persentase sebesar 98% dan hasil angket respon guru persentase sebesar 100%. Media ini dapat membantu
siswa mengenal kata yang diawali suku kata "ma, mi, mu, me, mo" dengan cara yang menyenangkan, serta
meningkatkan motivasi dan minat baca mereka. Implementasi media ini memberikan dampak positif
terhadap kemampuan membaca siswa, sebagaimana diukur melalui peningkatan skor pretest dan posttest.
Keefektifan media Ular Tangga Cerdas Membaca didapat dari hasil tes pretest-posttest menunjukkan
peningkatan sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,64 pada uji skala besar. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa media "Ular Tangga Cerdas Membaca" efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca
permulaan di kelas 1 SD, serta mendukung Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran yang aktif
dan menyenangkan.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Ular Tangga Cerdas Membaca, Keterampilan Membaca Permulaan,
Membaca Kata
Downloads

