Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Web Materi Siklus Hidup Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang didapatkan siswa setelah melalui proses belajar mengajar yang seringkali fluktuatif. Hal tersebut disebebakan oleh beberapa faktor diantaranya yakni sumber ajar dan media pembelajaran yang digunakan. Seperti halnya yang terjadi pada siswa kelas IV sekolah dasar dimana rendahnya hasil belajar pada materi siklus hidup hewan disebabkan oleh penggunaan buku atau sumber ajar yang hanya berfokuskan pada siklus hidup tumbuhan. Penelitian pengembangan ini rancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar melalui media pembelajaran dengan bantuan teknologi. Semakin majunya perkembangan teknologi digital kini, guru bukan satu-satunya sumber belajar, melainkan guru dituntut agar mampu berinovasi, memfasilitasi, dan memotivasi siswa untuk mencari sumber belajar melalui pemanfaatan kemajuan digital. Selain mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital, tujuan khususnya ialah untuk mengetahui apakah media pembelajaran IPA yang dikembangkan layak dan teruji akan kevalidan, kepraktisan, dan keefektivannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian pengembangan media yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang telah dikembangkan akan diujikan terhadap 5 siswa dalam skala kecil, dan skala besar beranggotakan 24 siswa kelas IV SDN Kebraon I/436 Surabaya, dengan desain one grup pretest-posttest. Berdasarkan data yang dikelolah memperlihatkan bahwasannya media yang dikembangkan valid untuk digunakan dengan skor validasi materi sebesar 90%, validasi modul ajar 92%, validasi pretest posttest 92%, dan validasi media 90%. Selain valid, berdasarkan hasil respon siswa, media juga dikatakan praktis untuk digunakan dengan skor persentase sebesar 86,11%. Sehingga secara keseluruhan media pembelajaran IPA berbasis web materi siklus hidup hewan untuk kelas IV SD yang telah dikembangkan dengan memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi juga fasilitas yang tersedia di sekolah layak digunakan dan mampu secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD dilihat dari nilai rata-rata N-gain 0,74 dengan kategori sedang.
Kata Kunci: pengembangan, web, hasil belajar.
Downloads
Abstract views: 282
,
PDF Downloads: 207

