PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh permainan engklek pada pembelajaran matematika terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen Non-Equivalent Control Design. Di mana desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan sehingga hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dan keadaan setelah diberi perlakuan (posttest). Pada penelitian ini diperoleh hasil validasi soal sebesar 80% (sangat valid). Dari data uji coba diketahui hasil uji validitas tiap butir soal pretest dan posttest dengan jumlah awal 30 soal pilihan ganda hingga menjadi 15 soal pilihan ganda berkategori valid dan hasil uji relibilitas diperoleh sebesar 0,618 (> 0,329) dikategorikan reliabel. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. <0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar peserta didik ditinjau dari penggunaan media permainan engklek pada kelas V.
Kata Kunci: pengaruh, permainan engklek, bangun datar.
Downloads

