PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPINKA (PAPAN PINTAR ANGKA)” BERBASIS WEB PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK SISWA SD
Abstract
Abstrak
Pengembangan Media PAPINKA (Papan Pintar Angka) merupakan sebuah inovasi yang diciptakan oleh peneliti untuk memperbaharui proses pembelajaran serta mencari solusi atas tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menciptakan media pembelajaran yang efektif bagi peserta didik di tingkat sekolah dasar. Tujuan utama dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk PAPINKA dan mengevaluasi aspek validitas, kelayakan, serta keefektivitasannya. Penelitian ini menerapkan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri dari tujuh tahap, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji produk, dan revisi produk. Uji coba produk dilakukan dengan melibatkan 15 peserta didik di SD Negeri Deaoen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas produk dalam uji validasi materi mencapai 83%, sedangkan uji validasi media memperoleh nilai 89%. Tingkat kepraktisan media juga dinilai tinggi, dengan angket respon peserta didik menunjukkan angka 96,3%. Rata-rata N-Gain mencapai 0,72 dan persentase akurasi pembelajaran mencapai 100%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media PAPINKA (Papan Pintar Angka) memiliki peran penting dalam meningkatkan potensi peserta didik. Guru dapat memanfaatkan media untuk memenuhi kebutuhan dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, anak-anak akan lebih termotivasi untuk mempelajari dan menguasai materi yang diajarkan.
Kata Kunci: Pengembangan, PAPINKA (Papan Pintar Angka), Penjumlahan dan Pengurangan
Abstract
The development of PAPINKA Media (Smart Board for Numbers) is an innovation created by researchers to renew the learning process and find solutions to the challenges faced by teachers in creating effective learning media for students at the elementary school level. The main objective of this development is to produce PAPINKA products and evaluate aspects of their validity, feasibility and effectiveness. This research applies a research and development (R&D) methodology which consists of seven stages, namely problem identification, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, and product revision. Product trials were carried out involving 15 students at Deaoen State Elementary School. The research results showed that product validity in the material validation test reached 83%, while the media validation test obtained a score of 89%. The level of practicality of the media is also considered high, with student response questionnaires showing a figure of 96.3%. The average N-Gain reaches 0.72 and the learning accuracy percentage reaches 100%. From these results, it can be concluded that the PAPINKA (Papan Pintar Numbers) media has an important role in increasing the potential of students. Teachers can use media to meet needs in the teaching and learning process. In this way, children will be more motivated to learn and master the material being taught.
Keywords: Development, PAPINKA, Summary and Reduction
Downloads
Abstract views: 144
,
PDF Downloads: 138

