PENGEMBANGAN MEDIA JAM DAN PUZZLE (JAMP) MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syifa' Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pengembangan media JAMP pada materi
pengukuran waktu untuk peserta didik kelas II sekolah dasar serta mengetahui kelayakannya berdasarkan
aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan pengembangan media
pembelajaran menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation) di sekolah dasar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media JAMP memiliki tingkat kevalidan
yang tinggi, dengan validasi materi mencapai 84% dalam kategori “Sangat Valid” dengan revisi, dan
kevalidan media sebesar 86% yang juga dikategorikan “Sangat Valid” dengan revisi. Aspek keefektifan
dibuktikan melalui peningkatan hasil pretest ke posttest, di mana rata-rata nilai posttest mencapai 96,55%,
meningkat secara signifikan dari pretest yang hanya 48,28%, dengan hasil N-Gain sebesar 0,9332 yang
masuk dalam kategori “Tinggi”, serta penentuan efektivitas media JAMP diperoleh sebesar 93,32% yang
masuk dalam kategori “Efektif”. Hal ini menunjukkan bahwa media JAMP sangat efektif dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik serta memotivasi mereka untuk belajar. Kepraktisan media JAMP
dinilai berdasarkan kuesioner pendidik dan peserta didik, dengan hasil rata-rata keseluruhan 98,48% yang
dikategorikan sebagai “Sangat Praktis.” Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media
JAMP layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika dalam materi pengukuran waktu untuk
siswa kelas II sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-21

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 98 , PDF Downloads: 72