PENGEMBANGAN E-WORKSHEET BERBASIS KOMIK (EWOMIC) MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan E-worksheet berbasis komik (EWoMic) materi pecahan kelas V sekolah dasar serta mendeskripsikan kelayakan (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) E-worksheet berbasis komik (EWoMic) materi pecahan kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Kevalidan EWoMic ditentukan melalui hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang masing-masing memperoleh skor 90,91% dengan kategori “Sangat Valid” tanpa revisi dan 95,56% dengan kategori “Sangat Valid” dengan revisi. Kepraktisan EWoMic ditentukan melalui rata-rata hasil lembar angket respon pendidik dan peserta didik diperoleh skor 98,17% dengan kategori “Sangat Praktis”. Keefektifan EWoMic ditentukan melalui peningkatan dari hasil pretest ke posttest dan hasil N-Gain. Hasil posttest menunjukkan rerata skor 96% dengan kategori “Sangat Baik” dari pretest yang sebelumnya menunjukkan rerata skor 34,67% dengan kategori “Kurang Baik”. Kemudian untuk hasil N-Gain pretest-posttest peserta didik diperoleh hasil 0,9388 dan termasuk dalam kategori peningkatan pemahaman “Tinggi”. Penentuan efektivitas EWoMic dapat dilihat dari persentase N-Gain yang diperoleh sebesar 93,88% dan termasuk dalam kategori “Efektif” digunakan. Pengembangan EWoMic pada penelitian ini menunjukkan bahwa EWoMic layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan di kelas V sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 132
,
PDF Downloads: 46

