Eksplorasi etnomatematika konsep geometri pada alat musik baleganjur di pura penataran agung praba buana blitar

Authors

  • Tri Kinarsih Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep geometri yang terdapat pada alat musik kesenian Baleganjur di Pura Penataran Agung Praba Buana serta mendeskripsikan keterkaitannya dengan pembelajaran matematika sekolah dasar Adi Widyalaya Wiyata Dharma. Permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian ini adalah kesulitan peserta didik dalam membedakan antara bangun datar dan bangun ruang meskipun telah mendapatkan penjelasan dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan etnomatematika yang mengintegrasikan unsur-unsur budaya lokal kedalam pembelajaran matematika agar lebih kontekstual dan mudah dipahami. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Spradley yang mencakup analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk alat musik Baleganjur mengandung unsur-unsur geometri yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika di SD. Integrasi konsep geometri konteks budaya ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika untuk mendukung pencapaian capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka secara lebih bermakna dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-10

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 123 , PDF Downloads: 153