Pengembangan media pembelajaran interaktif ginkuba untuk meningkatkan hasil belajar materi kubus dan balok kelas VI sekolah dasar
Abstract
Kubus dan balok merupakan salah satu materi pembelajaran yang sulit oleh peserta didik karena sifatnya yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan serta mendeskripsikan kelayakan (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) media GINKUBA kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media GINKUBA memperoleh skor 82,86% dan kevalidan materi memperoleh skor 91,11%, keduanya dikategorikan “Sangat Valid”. Kepraktisan media GINKUBA memperoleh skor 95,75% dengan katagori “Sangat Praktis” untuk digunakan. Kefeektifan media GINKUBA berdasarkan hasil N-Gain sebesar 81,96% dengan katagori “Sangat Efektif”. Terdapat peningkatan dari rerata hasil pretest sebesar 39% dengan katagori “Kurang Baik” ke rerata hasil posttest sebesar 89% dengan katagori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media GINKUBA layak untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi kubus dan balok di kelas VI Sekolah Dasar.
Downloads
Abstract views: 104
,
PDF Downloads: 100

