Pengembangan media pembelajaran truth or dare board games berbasis air journey dalam pembelajaran IPA sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V sekolah dasar
Abstract
Kegiatan belajar sambil bermain bersama kelompok merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi setiap anak. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah media yang bernama Truth or Dare Board Game Berbasis Air Journey dalam pembelajaran sistem pernapasan manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari media yang dihasilkan, yaitu meliputi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, validasi ahli, serta tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Sambikerep I/479 Surabaya. Media ini telah melalui tahap revisi dan validasi sehingga diperoleh persentase kevalidan materi sebesar 93% dan kevalidan media sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Media ini memperoleh persentase kepraktisan media sebesar 91% dari perolehan angkat respon guru, dan 91% dari perolehan angket siswa dengan kategori sangat praktis. Media juga dinilai sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,67 dengan kategori peningkatan sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Truth or Dare Board Game Berbasis Air Journey dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini juga menyarankan Mengujicobakan media pada jenjang atau materi lain guna mengetahui efektivitasnya dalam konteks berbeda.
Downloads
Abstract views: 140
,
PDF Downloads: 184

