Pengaruh strategi pembelajaran berbasis neurosains sintaks hypnohappy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar
Abstract
Menjawab kesenjangan antara bidang neurosains dengan pendidikan khususnya implementasi di sekolah dasar, penting untuk pendidik mengintegrasikan pembelajaran berbasis neurosains melalui strategi salah satunya dengan sintaks hypnohappy. Penelitian bermaksud untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh strategi pembelajaran berbasis neurosains melalui sintaks hypnohappy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar. Melalui pendekatan kuantittaif dengan metode eksperimen dan jenis desain Quasi Experiment nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas VI SDN Lontar 481 Surabaya yang dipilih secara nonprobability sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan lembar kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji wilcoxon dan Mann-Whitney agar menjawab hipotesis. Hasil penelitian uji Mann-Whitney memperlihatkan bahwa ada pengaruh namun kurang signifikan secara statistik, dengan nilai p-value sig. 0,053 > 0,05. Di sisi lain hasil uji N-Gain skor memperlihatkan kecenderungan positif, hal tersebut cukup mendukung dampak strategi pembelajaran dalam memperkuat pemahaman siswa. Selain itu juga didukung dengan hasil dari analisis kuesioner respon peserta didik yang menunjukkan hasil positif dalam penerapannya dengan 55,17% responden mengkategorikan sangat sesuai dan 44,83% kategori sesuai, yang mana menunjukkan bahwa alat atau strategi yang diuji memberi dampak yang positif
Downloads
Abstract views: 78
,
PDF Downloads: 108

