Pengembangan media klaktus (congklak tata surya) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas vi sd pada materi sistem tata surya
Abstract
Pendidikan di era modern, menunjukkan pentingnya kemampuan berpikir kritis, menyelesaikan masalah, kolaboratif, serta komunikasi. Namun, tingkat berpikir kritis peserta didik di indonesia tergolong rendah, khususnya dalam materi IPAS tata surya yang sulit dan kompleks. Di SDN Sambikerep II/480 Surabaya, terdapat banyak peserta didik dengan tingkat berpikir kritis rendah, terbukti dari hasil tes awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media inovatif KLAKTUS (Congklak Tata Surya) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VI. Metode penelitian menggunakan model R&D tahap ADDIE dengan subjek 33 peserta didik kelas VI-C. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket respon, serta pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan media KLAKTUS sangat valid (96% materi, 90% media), sangat praktis (100% guru, 99,39% siswa), dan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan N-Gain 0,71 (kategori tinggi). Kesimpulannya, media KLAKTUS layak dimanfaatkan sebagai media inovatif yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk mengembangkan media serupa pada materi atau pelajaran lain.
Downloads
Abstract views: 121
,
PDF Downloads: 120

