Pengembangan media interaktif eksis ( ekosistem harmonis ) berbasis google sites untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas v sekolah dasar

Authors

  • Muhammad Satria Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto

Abstract

Perkembangan pesat di era digital mendorong pemanfaatan teknologi dalam berbagai bidang, termasuk dalam pendidikan. Dalam pembelajaran, teknologi berperan penting dalam meningkatkan efektivitas serta interaktivitas proses belajar. Khususnya dalam pembelajaran IPA, penggunaan media berbasis teknologi mendukung peserta didik menguasai konsep dengan lebih baik serta mengasah keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini, untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media EKSIS. Metode penelitian yang digunakan model ADDIE dengan intrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar validasi, lembar validasi materi, lembar respons peserta didik, lembar respons pendidik, lembar pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh validasi media yaitu 88% “Sangat Valid”, validasi materi yaitu 90,66% “Sangat Valid”, angket respons peserta didik 90% “Sangat Praktis”, angket respons pendidik 88,75% “Sangat Praktis”, hasil N-Gain pretest dan posttest kelas eksperimen 0,66 dan kelas kontrol 0,38, hasil uji beda menjabarkan signifikasi yakni berbeda sebesar 0,001 < 0,050 diartikan pebedaan secara signifikan pada nilai N-Gain kedua kelas. Kesimpulan yang didapatkan dari media EKSIS pada materi Ekosistem Harmonis adalah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-26

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 101