Pengaruh model pembelajaran predict observe explain (POE) berbantuan LKPD terhadap keterampilan proses sains siswa sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan LKPD terhadap keterampilan proses sains siswa sekolah dasar dan respon siswa terhadap implementasinya. Jenis penelitian yang dipakai adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SD Labschool Unesa 1 dengan sampel penelitian sebanyak 38 siswa dari kelas 3A dan 3B. Instrumen pengumpulan data memakai instrumen tes berupa 15 soal pilihan ganda dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain serta analisis data hasil respon siswa memakai Skala Likert dalam 4 skala nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Independent Sample t-Test memberikan dampak signifikan dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau thitung > ttabel yaitu sebesar 0,001 < 0,05. Hasil Mean N-Gain Score kelas eksperimen adalah sebesar 0,7367 dan kelas kontrol sebesar 0,2685. Hasil rata-rata angket mendapatkan skor sebesar 96,92% yang berarti respon siswa masuk dalam kategori sangat tertarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model POE berbantuan LKPD berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 107
,
PDF Downloads: 113

