Kontekstualisasi tari thengul di pembelajaran matematikan SD kelas iv untuk mengidentifikasi strategi pemecahan masalah

Authors

  • Desy Dwi Susanti Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pemecahan masalah adalah upaya menemukan solusi untuk sebuah permasalahan dan merupakan kemampuan penting bagi peserta didik dalam mengembangkan pola pikir. Salah satu cara melatih keterampilan ini adalah melalui soal matematika kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tahapan dan strategi pemecahan masalah peserta didik saat Tari Thengul digunakan sebagai konteks soal matematika. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data yang dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi, akan dianalisis menggunakan model Miles & Huberman yang merujuk pada indikator Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menggunakan berbagai strategi seperti act it out, membuat gambar, menemukan pola, kerja mundur, kalimat terbuka, serta tebak dan periksa. Namun, tidak semua peserta didik mengikuti seluruh tahapan pemecahan masalah, tahapan memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian hanya dilakukan oleh sebagian peserta didik pada semua soal, sementara tahap pemeriksaan ulang sering diabaikan. Penggunaan konteks budaya Tari Thengul terbukti membantu proses berpikir peserta didik secara lebih alami dan relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-26

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 63