Pengembangan media pembelajaran interaktif duba berbasis google site untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika operasi hitung pembagian kelas III sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif duba berbasis Google Sites dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Media ini secara khusus dirancang untuk mendukung pembelajaran operasi hitung pembagian pada peserta didik kelas III sekolah dasar. Kelayakan terhadap media dilakukan melalui tiga aspek utama, yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas, serta ditinjau dari tanggapan peserta didik terhadap penggunaan media tersebut. Validitas media pembelajaran diuji oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil validasi, aspek materi memperoleh skor sebesar 94%, sedangkan aspek media memperoleh skor sebesar 85,3%. Kedua nilai tersebut menunjukkan bahwa media tergolong dalam kategori "sangat valid". Aspek kepraktisan diukur melalui angket yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa respon dari pendidik mencapai 100%, sementara respon dari peserta didik sebesar 92,8%, yang keduanya termasuk dalam kategori "sangat praktis".Adapun efektivitas media pembelajaran duba dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil uji menunjukkan nilai sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori "tinggi" dan "efektif". Berdasarkan hasil keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif duba berbasis Google Sites layak digunakan sebagai media bantu dalam pembelajaran operasi hitung pembagian di kelas III sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 83
,
PDF Downloads: 96

