Validitas multimedia interaktif “perdasia” pada pembelajaran ipa untuk peserta didik kelas v sekolah dasar

Authors

  • Lailatul Fitriah Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Integrasi teknologi dalam proses pembelajaran menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik kegiatan belajar mengajar, terutama dalam menjelaskan materi yang bersifat abstrak. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu bidang studi yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi karena memuat banyak konsep abstrak. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan relevan agar peserta didik lebih mudah memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dari pengembangan multimedia interaktif bernama PERDASIA pada materi IPA kelas V. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi materi dan media untuk menilai kevalidan produk yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media mendapatkan skor sebesar 87% dan tergolong sangat valid, sedangkan materi memperoleh skor 90% yang juga masuk kategori sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif PERDASIA layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-26

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 78 , PDF Downloads: 76