Peningkatan kemampuan literasi sains melalui model pembelajaran pjbl siswa kelas V sekolah dasar dengan proyek kotak sifat cahaya pada materi cahaya dan sifatnya
Abstract
Kurangnya literasi sains yaitu pemahaman terhadap konsep-konsep ilmiah dasar dan kesulitan dalam menerapkan pengetahuan sains dalam kehidupan sehari-hari menjadi permasalahan yang perlu dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui model pembelajaran PjBL pada materi cahaya dan sifatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu atau Quasi Experimental Design berbentuk Non Equivalent Control Group Design. Intrumen penelitian menggunakan obserbvasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar kuesioner dan tes. Data dianalisis menggunakan teknis analisis instrumen dan teknis analisis hasil data. Lokasi penelitian adalah MI PLUS Al-Fatimah Bojonegoro dan SDN Sumberejo Kecamatan Trucuk dengan sampel sebanayak 51 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan literasi saisn melalui model pembelajaran PjBL yang ditunjukkan oleh hasil uji hipotesisi N-Gain sebesar nilai sig (two sided) sebesar 0,001 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak sehingga ada peningkatan yang signifikan dalam kemampuan literasi sains pada materi cahaya dan sifatnya di kelas V MI PLUS AL – Fatimah Bojonegoro dan SDN Sumberejo yang mendapat perlakuan dengan PjBL.
Downloads
Abstract views: 54
,
PDF Downloads: 61

