Pengembangan multimedia siklus menanam virtual pada materi siklus hidup tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas iv sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini menjelaskan seberapa kevalidan, keefektifan dan
kepraktisan media SiMEV (Siklus Menanam Virtual) berbasis
multimedia interaktif pada materi siklus hidup tumbuhan peserta
didik kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan
pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Pendekatan R&D
bertujuan untuk menghasilkan produk atau inovasi baru yang praktis
dan efektif dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini berhasil
mengembangkan dan mengevaluasi multimedia siklus menanam virtual pada materi siklus hidup tumbuhan untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas IV di SDN Sumur Welut 1 Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian kevalidan multimedia siklus menanam
virtual pada materi siklus hidup tumbuhan memiliki tingkat kevalidan
yang sangat tinggi, dengan skor 79,16% untuk validasi media dan
92,5% untuk validasi materi. Ini menunjukkan bahwa media telah
memenuhi standar kualitas dari segi tampilan visual, kejelasan
penyampaian materi, serta kesesuaian dengan capaian dan tujuan
pembelajaran. Untuk hasil penelitian kepraktisan multimedia siklus
menanam virtual pada materi siklus hidup tumbuhan didapatkan
dengan skor 90% dari guru dan 87,5% dari peserta didik. Media ini
dinilai mudah digunakan, menarik perhatian peserta didik, dan
membantu memusatkan perhatian peserta didik dalam pembelajaran.
Dan hasil penelitian keefektifan multimedia siklus menanam virtual
pada materi siklus hidup tumbuhan menunjukkan peningkatan nilai
yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan rerata nilai pre test
63,91 dan rerata nilai post-test 80,63. Serta persentase ketuntasan
post-test sebesar 99%. Data tersebut menunjukan bahwasannya
multimedia siklus menanam virtual pada materi siklus hidup
tumbuhan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik
Downloads
Abstract views: 52
,
PDF Downloads: 35

