Pengembangan media animasi videoscribe untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai pancasila kelas IV sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis
video animasi menggunakan aplikasi VideoScribe untuk
meningkatkan pemahaman siswa kelas IV terhadap nilai-nilai
Pancasila. Metode yang digunakan adalah model pengembangan
ADDIE, meliputi lima tahapan: analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas 1 guru dan
28 siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar negeri di Surabaya.
Validitas media diuji oleh ahli materi dan ahli media, sementara
kepraktisan dinilai melalui wawancara guru serta angket kepada siswa.
Efektivitas diukur melalui pretest dan posttest, dengan analisis N-
Gain. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90% (ahli
materi) dan 88% (ahli media), dengan saran perbaikan pada elemen
audio. Kepraktisan media dinilai sangat baik (88,77%). Efektivitas
media dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila
tergolong cukup efektif, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,69.
Temuan ini menunjukkan bahwa media berbasis VideoScribe dapat
menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran PPKn yang
mendukung pembentukan karakter siswa.
Downloads

