Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi perkembangbiakan tumbuhan kelas iv sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan di sekolah yaitu
kemampuan literasi sains peserta didik yang rendah. Bertujuan untuk
menentukan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia
interaktif Articulate Storyline 3. Tahap pengembangan yaitu model
ADDIE. Sasaran uji coba yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri
Karangsono. Pengambilan data melalui angket dan tes. Kevalidan
ahli media mendapatkan 98% (sangat valid), dan ahli materi sebesar
94% (sangat valid). Kepraktisan dari angket respon peserta didik
memperoleh 88,7% (sangat praktis), dan dari angket respon guru
sebesar 96% (sangat praktis). Keefektifan dari analisis N-Gain
memperoleh nilai rata-rata 0,6 (peningkatan sedang), adapun dari
hasil uji T berpasangan diperoleh nilai signifikansi < 0,001 (ada
perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest literasi sains.
Dengan ini disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis
Articulate Storyline 3 layak digunakan dan meningkatkan
kemampuan literasi sains peserta didik.
Downloads

