Pengembangan media spinning wheel materi mengubah bentuk energi untuk meningkatkan hasil belajar kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Dimas Maulana Eka Cahya Surabaya State University
  • Mintohari

Abstract

Kurang optimalnya hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi
mengubah bentuk energi disebabkan oleh terbatasnya media
pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang
mampu membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan media spinning wheel materi mengubah bentuk energi.
Penelitian Research and Development ini menggunakan model
ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Hasil yang didapatkan untuk validasi
media mencapai 92% (sangat valid) serta validasi materi sebesar 94%
(sangat valid), hasil angket respon guru sejumlah 87,27% (sangat
praktis) dan angket respon siswa mencapai 95% (sangat praktis), serta
hasil ketuntasan belajar siswa mencapai 100% (sangat efektif) dengan
hasil N-Gain sejumlah 0,76 dengan kriteria tinggi dan hasil uji
Wilcoxon sebesar 0,001 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang
signifikan antara nilai pretest posttest. Dengan demikian,
pengembangan media spinning wheel materi mengubah bentuk energi
dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 53