Pengembangan media ular tangga berbasis qr code untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi wujud zat kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Faiqotul Hima Mahfidah Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto

Abstract

Proses pembelajaran yang masih minim dalam memanfaatkan media
interaktif mengakibatkan peserta didik jenuh dan kurangnya keaktifan
yang pada akhirnya berpengaruh pada rendahnya keterampilan
berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui
kelayakan media ular tangga berbasis QR Code untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian menggunakan model
ADDIE. Lokasi penelitian di SDN Wiyung 1/453 dengan subjek
penelitiannya yaitu peserta didik kelas IV C menjadi kelas eksprimen
dan kelas IV D menjadi kelas kontrol. Hasil penelitian yaitu media ini
sangat layak digunakan, karena dinyatakan valid dimana mendapatkan
hasil persentase validasi materi sebesar 92,5% dan media sebesar 95%,
dinyatakan praktis karena mendapatkan respon guru 96% dan peserta
didik 98%, Berdasarkan analisis N-Gain, kelas kontrol menunjukkan
peningkatan sedang sebesar 0,34 (34%), sedangkan kelas eksperimen
menunjukkan peningkatan tinggi sebesar 0,75 (75%). Uji-t
menunjukkan nilai signifikansi < 0,001, yang dimana kelas kontrol dan
eksperimen memperlihatkan adanya perbedaan. Sehingga media ular
tangga berbasis QR Code efektif untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 38