Pengembangan media interaktif berbasis wordwall untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas iv sd pada materi transformasi energi

Authors

  • Silvia Margareta Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto

Abstract

Kurangnya penggunaan media interaktif berbasis teknologi oleh pendidik berdampak pada rendahnya berpikir kreatif peserta didik. Terindikasi dari jawaban peserta didik yang cenderung monoton dan meniru jawaban teman. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan media interaktif berbasis Wordwall dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Metode yang dipergunakan ialah penelitian dan pengembangan model ADDIE. Penelitian dilakukan di SDN Kandangan III/621 Surabaya dengan subjek siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid, dengan persentase sebesar 86% dari validasi media dan sebesar 95% dari validasi materi. Dikategorikan sangat praktis dengan persentase dari pendidik 95% dan dari peserta didik 98%. Perhitungan N-Gain didapatkan hasil rata-rata sebesar 0,38 atau 38% dalam kategori peningkatan sedang (kurang efektif) pada kelas kontrol. Sementara itu, didapatkan hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,72 atau 72% dalam kategori peningkatan tinggi (efektif) pada kelas eksperimen. Analisis data pretest dan posttest menggunakan uji-t menghasilkan skor signifikansi kurang dari 0,001 (Sig. < 0,001), yang berarti Hₐ diterima dan H₀ ditolak, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 104 , PDF Downloads: 67