Pengembangan media virtual lab berbasis website untuk meningkatkan berpikir kritis dalam pembelajaran ipas kelas iv sd materi perubahan energi

Authors

  • Fauzan Daffa Pramudya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Surabaya

Abstract

Media dapat memudahkan dalam pembelajaran dan memaksimalkan
keaktifan peserta didik. Pengembangan media ini bertujuan untuk
mengukur tingkat kelayakan media virtual Lab sebagai media
pembelajaran siswa pada materi “Perubahan Energi kelas lV di
Sekolah Dasar”. “Untuk mengukur tingkat kelayakan media dilihat
dari tingkat kevalidan media pembelajaran Virtual Lab, tingkat
kepraktisan media pembelajaran Virtual Lab, dan tingkat keefektifan
media pembelajaran Virtual Lab”. Instrumen pada penelitian ini
berupa observasi, wawancara, angket respon, dan tes. Penelitian ini
menggunakan metode R&D atau Research and Development dan
mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil analisis validasi
media mendapat 96,88% , Hasil analisis validasi materi mendapat
90,63%, Hasil kepraktisan media dihasilkan dari respon pendidik
mendapat 90,91% dan respon peserta didik mendapat 92,23%, Hasil
keefektifan media dari pre test mendapat 41,59 dan dari poset test
mendapat 88,96 dan hasil analisis N-Gain dengan kategori tingkat
tinggi dengan nilai 0,65. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa
media pembelajaran Virtual Lab layak digunakan dalam proses
pembelajaran di Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 42