Pengembangan media aplikasi jedasia (jelajah budaya indonesia) berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sekolah dasar
Abstract
Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran IPS tentang keragaman
budaya Indonesia akibat media yang kurang tepat, sehingga
menghambat kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan mengembangkan media aplikasi JEDASIA berbasis
discovery learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan model
ADDIE. Data dikumpulkan melalui angket validasi, angket tanggapan,
serta pretest dan posttest yang menghasilkan data kuantitatif dan
kualitatif. dengan subjek penelitian sebanyak 14 siswa kelas IV SDN
1 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sangat valid
dengan skor 88,9% dari ahli materi dan 98,7% dari ahli media. Media
juga dinilai sangat praktis berdasarkan angket tanggapan guru sebesar
95,5% dan siswa sebesar 84,8%. Selain itu, media efektif
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan skor rata-rata N-
Gain sebesar 0,6682 yang termasuk dalam kategori sedang
Downloads
Abstract views: 80
,
PDF Downloads: 102

