Pengaruh media congklak dadu pelangi terhadap hasil belajar materi perkalian sekolah dasar kelas iii
Abstract
Rendahnya ketercapaian belajar matematika khususnya materi
perkalian menjadi dasar penelitian. Tujuan penelitian ialah
mengidentifikasi pengaruh penggunaan media congklak dadu pelangi
terhadap hasil belajar peserta didik kelas III materi perkalian.
Penelitian kuantitatif eksperimen ini berjenis quasi experimental
serta berdesain nonequivalent control group design. Penelitian
dilaksanakan di kelas III SDN Lontar 481 tahun ajaran 2024/2025.
Teknik menganalisis data berupa uji Independent Sample T-Test
untuk melihat pengaruhnya dan uji N-Gain untuk mengetahui
efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata posttest
kelas eksperimen sebesar 83,33 dan kelas kontrol sebesar 74,60.
Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. 0,033 < 0,05
sehingga terdapat pengaruh signifikan penggunaan media congklak
dadu pelangi terhadap hasil belajar materi perkalian. Nilai N-Gain
Persen kelas eksperimen sebesar 63% sehingga menunjukkan media
tersebut cukup efektif digunakan. Sedangkan, nilai N-Gain Persen
kelas kontrol sebesar 38,98% sehingga menunjukkan media tersebut
tidak cukup efektif digunakan. Dengan demikian, pembelajaran di
kelas eksperimen terbukti lebih efektif sehingga guru perlu kreatif
menggunakan media konkret berbasis budaya untuk memudahkan
pemahaman materi.
Downloads
Abstract views: 59
,
PDF Downloads: 54

