Pengaruh media papan koin terhadap hasil belajar operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas vi di sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media papan koin terhadap hasil belajar operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas VI di sekolah dasar. Pengajaran yang monoton, seperti metode ceramah, sering kali membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik untuk belajar, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika terutama dalam operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre-ekperimental bentuk one group pretest-posttest. Subjek penelitianya ini yaitu siswa kelas VI yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa hasil t hitung 9,800 > t tabel 2,086. Berdasarkan kriteria pengujian, jika t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil serupa juga didapatkan dari nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05, yang artinya H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan media papan koin terhadap hasil belajar operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Adanya perbedaan yang signifikan inilah membuktikan bahwa terdapat pengaruh media papan koin terhadap hasil belajar operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas VI di sekolah dasar.
Downloads

