Pengembangan media pembelajaran smart exploding box untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sikap dan perilaku sesuai nilai-nilai pancasila kelas iv di sekolah dasar

Authors

  • Nabilla Putri Lathifah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Sikap dan perilaku menjadi salah satu materi yang dianggap sulit karena media yang digunakan kurang beragam dan efektif maka peserta didik kurang antusias saat proses belajar Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media Smart Exploding Box pada materi sikap dan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila untuk kelas IV SD, serta menilai kelayakannya berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektivitasan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media dan materi masing-masing sebesar 95%, dan validasi oleh guru sebesar 97% dikategorikan “Sangat Valid.” Kepraktisan media mencapai 97,14%, dengan kategori “Sangat Praktis.” Keefektivitasan media diukur melalui uji normalitas dan homogenitas yang berdistribusi tidak normal di angka 0,014 dan <0,001,  menggunakan uji lanjutan uji Man-Whitney dengan hasil (0,002) dikatakan signifikan, dan pada uji N-Gain terdapat rata-rata pada kelas eksperimen menunjukkan adalah 0,79 atau 79%  dan di kelas kontrol menunjukkan 0,40 atau 40% yang dikategorikan “Tinggi.” Berdasarkan hasil ini, media Smart Exploding Box layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 45