Implementasi Hasil Eksplorasi Geometri Dengan Pendekatan Etnomatematika Kelas V Sekolah Dasar Pada Makam Sunan Bonang Di Kabupaten Tuban
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep matematika yang ditemukan di Wisata Religi Makam Sunan Bonang Tuban yang diintegrasikan dalam modul ajar dan LKPD yang nantinya diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar serta untuk mengetahui respon siswa kelas V terhadap pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan Wisata Religi Makam Sunan Bonang di Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan empat tahapan, sesuai yang dinyatakan oleh Sugiyono antara lain melalui tahap pengumpulan data atau informasi, reduksi data, data display (penyajian informasi), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Wisata Religi Makam Sunan Bonang terdapat konsep matematika yang ditemukan yakni konsep geometri bangun ruang. Konsep matematika yang ditemukan diintegrasikan dalam modul ajar dan LKPD yang diimplementasikan di kelas V Sekolah Dasar. Respon siswa melalui angket sebanyak 80,8% menunjukkan ketertarikan pada pembelajaran matematika dengan mengaitkan pada budaya lokal.
Downloads

