Pengembangan media buku tempel (scrapbook) materi suku kata untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas i sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran buku tempel (Scrap-book) untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari media yang dihasilkan, yaitu meliputi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Media ini telah melalui tahap revisi dan validasi sehingga diperoleh persentase kevalidan materi sebesar 98% dan kevalidan media sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Media ini memperoleh persentase kepraktisan media sebesar 96% dari perolehan angkat respon guru, dan 86% pada skala kecil dan 91% skala besar dari perolehan angket peserta didik dengan kategori sangat praktis. Media juga dinilai sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori peningkatan tinggi.
Downloads

