Pengembangan media visual novel berbasis canva pada materi kegiatan ekonomi untuk siswa kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Selvi Sagita Fernanda Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran visual novel berbasis Canva serta mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya pada materi kegiatan ekonomi kelas IV sekolah dasar. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Deevelopment, Implementation, dan Evaluation). Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan skor rata-rata sebesar 88,5% (sangat valid). Kepraktisan berdasarkan tanggapan guru dan siswa memperoleh skor rata-rata 96,85% (sangat praktis). Efektivitas media diuji melalui pretest dan posttest, dengan hasil peningkatan nilai belajar yang ditunjukkan oleh skor peningkatan (N-Gain) sebesar 0,79, yang termasuk kategori (tinggi). Berdasarkan hasil tersebut, media visual novel berbasis Canva dinilai layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 42 , PDF Downloads: 47