Implementasi literasi budaya dan kewargaan di sekolah dasar setia budhi gresik

Authors

  • Yolanda Amalia Septiana Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Indonesia adalah negara besar yang berbentuk kepulauan dan memiliki beragam suku, agama, budaya serta bahasa. Keberagaman ini adalah aset berharga bangsa yang harus dilestarikan. Untuk menjaga keutuhan bangsa, dibutuhkan sikap yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengembangkan program Gerakan Literasi Nasional sebagai upaya mendukung penerapan silai-nilai pancasila kepada siswa, yakni melalui literasi budaya dan kewargaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan literasi budaya dan kewargaan di tingkat sekolah dasar. Peneliti memilih SD Setia Budhi Gresik sebagai objek penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif metode studi kasus. Data didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan literasi budaya dan kewargaan di SD Setia Budhi Gresik tercermin dalam tiga indikator, yaitu: Berbasis kelas, melalui kegiatan pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila); Berbasis budaya, melalui kegiatan pembiasaan di lingkungan sekolah; Berbasis masyarakat, dengan melibatkan tokoh masyarakat, seniman, serta mengadakan kegiatan di ruang publik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 136 , PDF Downloads: 107